Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada! Inilah Bahaya Penyakit karena Sering Kesemutan

Apakah diantara kalian pernah ada yang merasa kesemutan, biasanya kesemutan terjadi pada daerah tangan atau kaki dan biasanya juga kaki dan tangan terasa geli sekaligus mati rasa. Nah kesemutan yang biasanya kita rasakan itu tidak berlangsung lama dan hanya sementara tapi ada juga loh kesemutan yang berkepanjangan, dan kesemutan yang berkepanjangan itu bisa jadi merupakan gejala penyakit serius.

Waspada! Inilah Bahaya Penyakit karena Sering Kesemutan
foto : iStock

Penyebab kita kesemutan pun beragam, kira-kira apa saja ya penyebabnya? Kami sudah merangkum beberapa penyebab kesemutan yang biasanya kita alami, Silahkan simak penjelasannya berikut ini. 

Kesemutan juga merupakan hal yang tidak berbahaya dan hanya sementara, efek kesemutan sementara pun biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan akan segera menghilang dengan cara menghilangkan tekanan yang menyebabkannya seperti meluruskan tangan dan kaki. Tapi selain itu ditemukan juga beberapa kasus kesemutan yang berkepanjangan, biasanya diiringi dengan rasa sakit, gatal, mati rasa, serta adanya pengecilan otot. Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan kesemutan berkepanjangan diantaranya,

Diabetes

Pada penderita diabetes kesemutan sebagai gejalanya sering kali muncul, yang pertama kali muncul biasanya di kedua kaki bagian bawah lalu lama-kelamaan kesemutan atau mati rasa itu berkembang hingga kaki bagian atas juga diikuti dengan kesemutan dan gejala lain yang mempengaruhi kedua tangan hingga naik lengan. Jadi ketika kamu mengalami kesemutan berkepanjangan seperti yang tadi disebutkan, jangan dianggap sepele ya. Bisa jadi kamu memiliki penyakit diabetes. 

Penyakit Serius

Kesemutan muncul juga bisa disebabkan karena kamu memiliki penyakit serius. Seperti Gangguan Ginjal, Penyakit Hati, Kerusakan Pembuluh Darah dan masih banyak lagi.

Kekurangan Vitamin

Kesemutan juga dapat disebabkan karena kamu kekurangan vitamin, seperti vitamin E, B1, B6 dan B12 yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan fungsi saraf. Untuk melengkapi vitamin-vitamin tersebut dalam tubuh, kita dapat mengkonsumsi makanan seperti daging merah, dada ayam, telur, susu sapi dan masih banyak lagi.

Minuman Beralkohol

Nah bagi yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol juga perlu berhati-hati, terlalu banyak minum minuman beralkohol juga dapat menyebabkan kita kesemutan. Pecandu alkohol juga kemungkinan lebih besar mengalami kekurangan Tiamin atau Vitamin penting lainnya karena kebiasaan makan yang buruk bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada saraf.

Obat-obatan

Obat-obatan yang mungkin sedang dikonsumsi karena penyakit lain juga bisa menjadi pemicu kesemutan. Misalnya obat-obatan Kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi Kanker Payudara dan Limpoma, Obat Anti Kejang, Antibiotik dan Obat untuk penyakit HIV-AIDS.

Terpapar Racun

Kesemutan juga disebabkan karena tubuh kita terpapar zat beracun, misalnya seperti Timbal, Arsen, Mercury, Thallium serta beberapa bahan kimia industri dan lingkungan.

Cedera

Jika kalian pernah mengalami cedera, hal itu juga bisa menjadi pemicu kesemutan. Karena Cedera yang pernah kita alami itu dapat menyebabkan keadaan tubuh menjadi lebih buruk dan serius seperti syaraf yang tertekan hancur atau rusak yang akhirnya menyebabkan kita merasa kesemutan.

Nah kamu juga pasti pernah merasakan kalau sedang kesemutan sangat mengganggu sekali, tapi kesemutan itu secara umum dapat diminimalkan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Seperti rutin berolahraga, berusaha menghindari agar tidak terpapar racun, menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol, berhenti merokok, menjaga berat badan yang ideal, serta mengatasi dan mengkontrol penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit ginjal.

Itulah beberapa hal yang sudah dirangkum oleh Kami mengenai Kesemutan, dari mulai penyebab kesemutan dan bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, selalu nantikan artikel terbaru mengenai informasi kesehatan lainnya di web kami.

Hanifah Nurhasanah
Hanifah Nurhasanah Lulusan psikologi yang telah menulis selama lebih dari 5 tahun. Spesialisasi dalam konten SEO dan tertarik pada pembuatan konten, perencanaan, dan strategi.

Posting Komentar untuk "Waspada! Inilah Bahaya Penyakit karena Sering Kesemutan"