Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mudah Menurunkan Hipertensi Secara Alami!

Lagi enak-enak makan sate kambing sama keluarga tiba-tiba mengalami sesak nafas dan pusing disertai penglihatan buram, hati-hati itu salah satu tanda tekanan darah kamu tinggi. Hipertensi atau darah tinggi merupakan penyakit yang seringkali tidak disadari keberadaannya. Dalam kebanyakan kasus, penyakit ini baru diketahui ketika sudah terjadi komplikasi berbahaya yang dapat berujung pada kematian.

10 Cara Mudah Menurunkan Hipertensi Secara Alami!
foto : pixabay

Nah itu sebabnya bagi kamu yang terlihat sehat namun sering mengalami gejala tekanan darah tinggi mesti lebih waspada dan selalu menjaga pola hidup sehat. Karena walaupun kamu masih muda, faktanya kamu juga bisa mengalami hipertensi. Namun bagi kamu yang sudah berbakat cepat menaikkan tekanan darah ataupun yang sudah didiagnosa mempunyai hipertensi, Kami punya tips untuk menurunkan darah tinggi dengan cara alami dan mudah. Kalian pasti penasaran kan, simak tips lengkapnya berikut ini.

Jadi apa sih sebenarnya hipertensi itu? Hipertensi adalah sebutan atau istilah medis dari penyakit tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa sekaligus meningkatkan resiko terjadinya kebutaan, penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, bahkan kematian. Untuk mengetahui hasil tekanan darah, kalian bisa melihat hasil sistolik dan diastolik yang berupa angka-angka. Angka pertama atau sistolik mewakili ketika darah dipompa keluar jantung, lalu angka kedua atau diastolik mewakili ketika jantung beristirahat dan darah kembali ke jantung.

Menurut The American College of Cardiology atau asosiasi jantung Amerika, dalam pedoman untuk pencegahan, deteksi, evaluasi dan manajemen tekanan darah tinggi pada orang dewasa pedoman 2017, normalnya orang mempunyai tekanan darah sistolik kurang dari 120 mmhg lalu diastolik kurang dari 80 mmhg. Kemudian orang beresiko atau prehipertensi mempunyai sistolik 120-129 mmhg dan diastolik kurang dari 80 mmhg. Seseorang bisa dikatakan mengalami hipertensi bila sistolik berada di 130 mmhg atau lebih dan diastolik di 80 mmhg atau lebih.

Lalu bagaimana dengan kamu yang sudah terlanjur kena hipertensi? Kabar baiknya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah mu agar tidak terlalu tinggi. Apa aja ya? Simak tips nya berikut ini.

Tips Menurunkan Hipertensi

1. Olahraga Rutin

Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga rutin membantumu membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah yang menurunkan tekanan dalam Arteri. Bahkan 150 menit dari olahraga ringan seperti berjalan atau 75 menit olahraga berat seperti berlari per minggu, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan hati, itu menurut penelitian The National Walker Health Study.

2. Kurangi Konsumsi Sodium

Asupan garam terkenal cukup tinggi di seluruh dunia, sebagian besar dijadikan untuk makanan olahan dan siap saji. Untuk alasan ini banyak upaya kesehatan publik yang bertujuan untuk menurunkan garam dalam industri makanan. Jika kamu sudah memiliki tekanan darah tinggi, sudah selayaknya mengurangi asupan sodium. Lebih baik mengganti makanan olahan dengan yang segar dan coba bumbui makanan dengan rempah-rempah daripada garam.

3. Makan Makanan yang Mengandung Potassium Tinggi

Potassium adalah mineral penting yang membantu tubuh membuang sodium dan mengurangi tekanan dalam pembuluh darah. Makanan yang sangat tinggi potasium meliputi sayuran terutama sayuran hijau, tomat, kentang dan ubi jalar. Untuk buah-buahan meliputi melon, pisang, alpukat, jeruk dan aprikot. Produk susu seperti susu dan yoghurt, ikan seperti tuna dan salmon dan kacang-kacangan serta biji-bijian.

4. Meditasi atau Deep Breathing

Kedua aktivitas ini juga bisa termasuk dalam teknik pengurangan stres, dan stres itu adalah sumber dari berbagai penyakit. Meditasi dan Deep Breathing layak disebutkan secara spesifik, baik meditasi maupun deep breathing dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Sistem ini akan bekerja ketika tubuh rileks untuk memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Ada sedikit penelitian di bidang ini yang menunjukkan bahwa beberapa gaya meditasi tampaknya memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Jika kamu pernah minum Secangkir Kopi tepat sebelum tekanan darah diukur, kamu akan menyadari bahwa kafein menyebabkan kenaikan tekanan darah instan. Kafein memang menyebabkan tekanan darah yang tiba-tiba tinggi secara mendadak. Apalagi bagi kamu yang punya sensitifitas terhadap kafein, jadi lebih baik menghindari kafein jika kamu terdeteksi memiliki gejala atau punya tekanan darah tinggi. 

Lalu ada enggak ya kira-kira bahan herbal atau alami yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah? Simak jawabannya dibawah ini.

Bahan Herbal atau Alami yang Ampuh Menurunkan Hipertensi

1. Cinnamon atau Kayu Manis

Orang telah menggunakan kayu manis selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit jantung termasuk tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian untuk melihat efek Kayu Manis pada diabetes tipe 2 meninjau, mereka yang mengkonsumsi 500-2400 mg Kayu Manis setiap hari selama 12 minggu, mengalami penurunan rata-rata 5,39 mmhg pada tekanan darah sistolik dan 2,6 mmhg pada tekanan darah diastolik. Disarankan untuk mengkonsumsi Kayu Manis dengan memasukkannya ke dalam makanan atau minuman suplemen ekstrak Kayu Manis bisa menjadi pilihan lain.

2. Tanaman Cakar Kucing Cina atau Gou Teng

Orang-orang telah lama menggunakan tanaman cakar kucing cina dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman cakar kucing cina utamanya bertindak sebagai obat penenang, melebarkan pembuluh darah perifer dan menurunkan tekanan darah. Hal ini juga digunakan untuk mengobati hipertensi, pusing dan kecemasan. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok Cakar Kucing Cina digunakan untuk meredakkan kejang-kejang, menenangkan liver dan menghilangkan demam. Dosis rekomendasi pemakaian tanaman kucing cina ini adalah 3-12 gram. Tanaman ini paling mudah tersedia sebagai ekstrak yang bisa kamu temukan di toko-toko khusus herbal dan toko obat cina.

3. Tanaman Thyme

Thyme adalah herbal beraroma wangi yang dikemas dengan banyak senyawa sehat. Teh Thyme dapat membantu menurunkan tekanan darah, membersihkan infeksi pernafasan, meredakan batuk dan menurunkan kecemasan. kandungan nutrisi pada daun Thyme sangat banyak, para peneliti juga telah menemukan bahwa Thyme mengandung vitamin A, C, E dan K serta mineral seperti kalsium, kalium, zat besi dan fosfor. Para ahli menyarankan, jika kamu memiliki tekanan darah tinggi konsumsilah 2-3 cangkir teh Thyme setiap hari. Kamu juga dapat menggunakan Thyme sebagai tambahan penyedap dalam makanan bukan garam.

4. Jahe

Jahe sangat serbaguna dan sering menjadi bahan pokok dalam pengobatan alternatif. Orang telah menggunakannya selama berabad-abad untuk meningkatkan banyak aspek kesehatan jantung termasuk sirkulasinya, kadar kolesterol dan tekanan darah. Penelitian pada manusia dan hewan telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi jahe mengurangi tekanan darah. Jahe bertindak sebagai penghambat saluran kalsium dan ACE inhibitor alami. Sebuah penelitian pada lebih dari 4000 orang menemukan, bahwa mereka yang mengkonsumsi jahe 2-4 gram perhari memiliki resiko rendah terkena tekanan darah tinggi.

5. Bawang Putih

Bawang Putih sudah tidak asing lagi kan untuk warga Indonesia. Secara khusus bawang putih mengandung senyawa belerang seperti alisin yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah. Kamu bisa memakannya secara langsung 1 siung 2 kali sehari atau bisa menggunakan bubuk bawang putih sekitar 600-900 MG akan memberikan penurunan sekitar 9-12 persen pada peningkatan tekanan darah. Dosis 600 MG bubuk bawang putih mengandung 3,6 MG alisin dan 900 MG mengandung 5,4 MG alisin atau bisa juga dengan memasukkan bawang putih langsung ke dalam campuran salad favorit kamu.

Nah itulah tips cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami dan mudah. Tetap terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang sehat, sering makan buah dan sayur contohnya. Kemudian jagalah tekanan darah kamu dengan menghindari makanan yang meninggikan tekanan darah secara mendadak. Karena kalau sudah sakit baru terasa kalau sehat itu mahal. Hipertensi dapat diketahui dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah, setidaknya orang dewasa sehat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah termasuk tekanan darah setiap 5 tahun sekali.
Hanifah Nurhasanah
Hanifah Nurhasanah Lulusan psikologi yang telah menulis selama lebih dari 5 tahun. Spesialisasi dalam konten SEO dan tertarik pada pembuatan konten, perencanaan, dan strategi.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mudah Menurunkan Hipertensi Secara Alami!"